Senin, 13 Mei 2013

Mengenal Komponen Komputer Rakitan Untuk Pemula

Merakit komputer hal yang mudah bagi para partisi elektronik atau sebagian orang yang sudah berpengalaman dibidang perakitan komputer. Namun hal ini tentu saja bukan hal yang mudah untuk seorang pemula yang tentunya harus mulai dari dasar untuk mengenal komponen komputer dan fungsinya.

Ada 2 jenis istilah yang sering disebutkan jika kita menyinggung tentang komputer rakitan. Komputer yang pertama adalah komputer Built Up yang diproduksi oleh suatu perusahaan atau vendor seperti Acer. Contohnya seperti Iconia PC dengan Windows 8 pada pembahasan sebelumnya yang merupakan komputer tablet keluaran Acer.

Kedua komputer Rakitan dimana komputer atau laptop di rancang atau dirakit secara manual oleh orang yang ahli dibidang perakitan komputer.

Anyhow, belajar merakit komputer bagi pemula sekalipun bukan hal yang sulit. Selain banyaknya tutorial yang bisa dipelajari untuk merakit komputer melalui ebook di internet, pemula juga bisa belajar merakit dengan kursus rakitan komputer.

Komputer rakitan biasanya dirakit oleh perakit komputer lebih kepada fungsi dari pemakaian komputer. Tentunya dengan spec dan kapasitas komputer rakitan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk kebutuhan design, keuangan perbankan, dan lain sebagainya.

Untuk itu, pada informasi Mengenal Komponen Komputer Rakitan Untuk Pemula ini. Rizky Arif dalam kontek belajar merakit komputer untuk pemula ini akan menguraikan secara singkat tentang komponen - komponen komputer dalam kontek belajar merakit komputer untuk pemula.

Hal utama yang harus dikenal oleh pemula dalam belajar merakit komputer adalah komponen komputer. Berikut ini beberapa komponen komputer sebagai awal perkenalan kita pada bahasan ini.

  1. Motherboard (Mainboard)
    Mengenal Komponen Komputer Rakitan Untuk Pemula, belajar merakit komputer untuk pemula, Motherboard, Prosesor, RAM, Hardisk, Power Supply, casing, Motherboard atau disebut juga sebagai Mainboard adalah induk terpenting dari komponen terpenting yang ada dalam semua komputer. Motherboard berbentuk berupa papan sirkuit sebagai tempat penghubung setiap komponen dalam CPU.

    Motherboard inilah yang nantinya akan mengatur koneksi pada kinerja sebuah komputer. Ilustrasi ini lebih mirip dengan jantung pada manusia kali ya..
  2. Prosesor.
    Mengenal Komponen Komputer Rakitan Untuk Pemula, belajar merakit komputer untuk pemula, Motherboard, Prosesor, RAM, Hardisk, Power Supply, casing, Prosesor biasanya berbentuk empat persegi yang merupakan otak dari komponen hardware komputer yang ada dalam CPU. Dari fungsinya, prosesor bertugas memproses data yang masuk (input) lalu menghasilkan keluar (output). Bentuknya bisa Anda lihat seperti pada gambar disamping.

  3. RAM (Random Access Memory).
    Mengenal Komponen Komputer Rakitan Untuk Pemula, belajar merakit komputer untuk pemula, Motherboard, Prosesor, RAM, Hardisk, Power Supply, casing, Berikutnya adalah RAM atau Random Access Memory yang merupakan media penyimpanan pada komputer yang berfungsi untuk mendukung kerja prosesor pada saat melakukan proses komputing.

    Jika dilihat dari fungsi Random Access Memory atau RAM ini merupakan bagian dari otak dalam komponen hardware komputer.

  4. Hardisk
    Mengenal Komponen Komputer Rakitan Untuk Pemula, belajar merakit komputer untuk pemula, Motherboard, Prosesor, RAM, Hardisk, Power Supply, casing, Hardisk adalah komponen komputer berbentuk persegi 4. Komponen hardware yang satu ini berfungsi sebagai gudang penyimpanan data - data sekaligus tempat terinstallnya system komputer.

    Tanpa hardisk, maka komputer bisa menyala tapi tidak bisa beroprasi karena sistem yang akan menjalankan operasi tersimpan di hardisk. Dari fungsinya, hardisk lebih mirip dengan fungsi hati pada manusia.

  5. Power Supply.
    Mengenal Komponen Komputer Rakitan Untuk Pemula, belajar merakit komputer untuk pemula, Motherboard, Prosesor, RAM, Hardisk, Power Supply, casing, Power supply merupakan komponen hardware komputer dengan 4 persegi yang paling berat dari yang telah kita sebutkan di atas. Power supply berfungsi sebgai tempat menyaring listrik masuk ke komputer yang kemudian dikirim mainboard.

    Dengan demikian semua komponen yang terhubung dengan power supply seperti RAM, Hardisk, VGA, dan lain - lain bisa menjalankan tugasnya masing - masing.

    Intinya, semua komponen hardware pada komputer seperti mainboard, hardisc, dan lampu - lampu yang menyala pada komputer, menyerap arus dari power supply. Dari fungsinya, power supply lebih mirip dengan darah pada manusia.

  6. Casing

  7. Mengenal Komponen Komputer Rakitan Untuk Pemula, belajar merakit komputer untuk pemula, Motherboard, Prosesor, RAM, Hardisk, Power Supply, casing, Casing adalah kompunen komputer dengan bentuk 4 persegi panjang. Casing berfungsi sebagai pembalut yang menata semua komponen - komponen diatas.

    Sehingga semua komponen hardware komputer diatas terpadu dalam satu unit yang tertata dengan baik di dalamnya. 
     
     
     
    Cukup Sekian Dari Saya Terima Kasih.

MobGold Banner 468x60

MobGold Banner 468x60

Tidak ada komentar:

Posting Komentar